Rabu, 26 Agustus 2015

9 Manfaat Penting Protein Untuk Ibu Hamil

Protein adalah salah satu zat yang sangat penting untuk mahluk hidup. Protein mengendalikan pertumbuhan dan pembangunan kekuatan. Selain itu protein tidak bisa disimpan dalam tubuh sehingga asupan protein harus cukup sesuai dengan kebutuhan.
Protein

Di dalam tubuh protein akan diolah di bagian perut , kemudian akan langsung masuk ke usus kecil kemudian akan diubah menjadi asam amino tunggal yang akan diserap dalam darah.
Berikut 9 manfaat protein bagi tubuh khususnya bagi ibu hamil :
1. Protein untuk Pembentukan Janin
Protein berguna sepanjang kehamilan untuk membantu membangun pertumbuhan berbagai jenis organ seperti otak, sistem pernafasan, tulang, otot dan sistem pembentukan tubuh. Protein yang cukup selama kehamilan akan membantu ibu hamil bisa memiliki bayi sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Kebutuhan protein untuk ibu hamil adalah sekitar 75 gram per hari. Kebutuhan ini harus tercukupi dari berbagai jenis makanan agar tubuh ibu hamil dan janin sehat.
2. Protein Mengurangi Depresi
Sepanjang kehamilan tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi yang sangat penting. Protein akan semakin dibutuhkan pada trimester akhir untuk mencegah depresi karena kelelahan atau kondisi kehamilan yang semakin berat. Asupan protein juga harus seimbang dengan asam lemak omega 3 yang bisa mendukung kecerdasan otak dan fungsi syaraf.
3. Protein untuk Pemeliharaan Sel Tubuh
Protein juga sangat penting untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Selama kehamilan maka ibu hamil membutuhkan jumlah protein yang lebih tinggi dibandingkan wanita biasa. Protein menjadi asupan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati. Dengan protein yang cukup maka ibu hamil bisa tetap sehat sepanjang kehamilan.
4. Protein Mendukung Metabolisme Tubuh
Proses metabolisme membutuhkan dukungan yang kuat dari protein. Metabolisme akan membentuk tubuh yang sehat karena semua proses pencernaan, penyerapan nutrisi dan pengolahan berbagai zat yang masuk ke organ tubuh bisa dilakukan dengan baik. Metabolisme juga akan mendukung proses fisiologis sehingga tubuh menjadi lebih kuat.
5. Protein Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Protein menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imunitas mendapatkan dukungan dari berbagai jenis organ tubuh yang sehat, tubuh mampu melindungi dari serangan kuman, bakteri dan parasit. Selain itu protein juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf.
6. Protein Menghasilkan Tenaga
Protein menjadi zat yang baik untuk tubuh terutama untuk membantu pembentukan tenaga. Berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak diperlukan tubuh sebagai cadangan energi. Namun semua proses itu tidak bisa dilakukan tanpa protein. Protein membantu tubuh dalam mengolah energi dari kalori dan berbagai jenis sumber makanan lain.
7. Protein Meningkatkan Kesehatan Jantung
Protein ternyata juga sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung. Protein bisa membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang didapatkan dari makanan. Protein bisa mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, protein penting untuk membuat kesehatan jantung ibu hamil dan janin menjadi lebih baik dan terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung lain.
8. Protein Meningkatkan Kesehatan Kulit, Rambut dan Otot
Ibu hamil banyak mengalami masalah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan kulit, rambut dan otot yang mudah lelah. Protein akan membantu ibu hamil agar memiliki kulit yang elastis dan sehat yang bisa membantu ibu dalam menghadapi persalinan. Protein juga mengembangkan pembangunan yang sangat penting terutama untuk sel – sel yang bekerja untuk rambut dan kulit. Bahkan protein mengembangkan zat yang baik untuk memperbaiki kesehatan otot, masa otot dan kekuatan tulang.
9. Protein Meningkatkan Energi
Protein dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar dan protein tidak bisa didapatkan dari dalam tubuh. Asupan protein akan membuat tubuh memiliki banyak energi yang bisa berperan untuk mendukung berbagai macam aktivitas harian. Protein berperan penting untuk mengembangkan daya ingat, memori dan berbagai macam aktivitas fisik.
Kita sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi protein dari berbagai jenis makanan. Sumber protein dibagi menjadi 2 , sumber protein hewani dan sumber protein nabati.
Sumber protein hewani antara lain : daging merah, daging unggas, susu, telur dan ikan.
Sumber protein nabati antara lain : berbagai jenis kacang-kacangan, biji bunga matahari, jintan dan biji labu.
(artikel ini diperoleh dari berbagai sumber) 
more info klik http://www.aulia.co.id

0 komentar:

Posting Komentar