Kamis, 01 Oktober 2015

Tips Sehat Saat Traveling

Ketika kita bepergian untuk berbagai tujuan, entah bisnis atau kesenangan, ada kalanya kita menyerah untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda atau makanan siap saji. Ini adalah reaksi yang tipikal karena Anda merasa stres dan bosan di perjalanan. 

Untungnya, kebiasaan buruk ini bisa diantisipasi dengan menyiapkan diri sebelum bepergian. Untuk membantu Anda, berikut tips menjaga kesehatan saat travelling.

1. Buat perencanaanSebelum berangkat, rencanakan apakah Anda akan pergi ke gym, mendaki, atau mengikuti kelas yoga pada saat melakukan perjalanan. Kemasi sepatu atau pakaian Anda guna berolah raga. Dengan memasukkannya ke koper, mau tak mau Anda akan terbawa untuk berolah raga. Anda juga dapat memesan hotel dengan pusat kebugaran. Bahkan, beberapa hotel menawarkan pelatih pribadi atau kelas yoga.

2. Jajanan/cemilan sehatNah, ini yang terpenting. Sediakan snack sehat sehingga Anda tidak perlu membeli cemilan karena saattraveling, Anda cenderung lupa dan justru membeli makanan yang buruk bagi tubuh. Bawalah salad sayuran atau buah, susu, biskuit tinggi serat, buah yang dikeringkan (kismis/ceri kering), dan cemilan sehat lainnya. 

Berkendara untuk waktu lama juga membuat Anda merasa lelah. Minum lebih banyak air dapat menguranginya. Maka, bawalah banyak air ketika Anda bepergian. Jika Anda suka, bawa pula smoothieyang sehat atau makanan dingin yang sehat seperti sayuran, dan buah.

3. Seimbang
Travelling dapat menjadi sangat menyenangkan, terutama jika Anda melakukannya bersama keluarga, teman, atau kerabat Anda lainnya. Demi menjaga keseimbangan asupan saat travelling, Anda tetap boleh mengonsumsi makananan kesukaan Anda, semisal es krim. Mengonsumsi makanan kesukaan, terutama saat travelling, akan membuat energi menguat dan mood Anda lebih baik. Asal, jangan kebablasan mengonsumsinya, ya.

4. Perkuat pertahanan tubuh Anda
Dalam melakukan perjalanan, bisa jadi Anda merasa sedikit stres, letih, atau masuk angin. Segeralah beristirahat jika merasakan gejala-gejala sakit tersebut. Jika tak segera beristirahat, imun tubuh Anda bisa jadi memburuk dan Anda akan sakit. Istirahat yang cukup, berolah raga ringan agar tubuh fit, dan konsumsi vitamin C untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

5. Stay flexible 
Perjalanan Anda yang terancam tertunda baik karena cuaca, kepadatan lalu lintas, dan lainnya, dapat menambah stres. Jangan biarkan stres merusak rencana travelling Anda. Alihkan pikiran Anda pada hal-hal lain seperti membaca buku atau mendengarkan musik. Apa pun dapat Anda lakukan untuk membantu tubuh tetap tenang, sehingga akan membuat Anda merasa sehat. (sheknows.com)

0 komentar:

Posting Komentar