Jumat, 16 Oktober 2015

Hak Asasi Hewan?

Tahukah Anda bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai hari Hak Asasi Hewan? Ternyata memang bukan hanya hak asasi manusia saja yang harus dilindungi, tapi juga hak asasi hewan.

Hak Asasi Hewan adalah anggapan bahwa setiap hewan memiliki hak untuk hidup dan memiliki kepentingannya sendiri, termasuk hak untuk tidak hidup dengan menderita, tidak jauh berbeda dengan hak dan kepentingan yang dimiliki manusia. Berdasarkan definisi ini, maka jelaslah alasan adanya pelarangan terhadap perburuan dan pembantaian terhadap hewan dan perusakan habitat hidup hewan. Hewan, seperti manusia, juga punya hak untuk hidup bebas di alamnya dengan tenang.
Manfaat dari perlindungan terhadap hak asasi hewan tentu tak hanya akan dirasakan oleh hewan saja, tapi juga oleh manusia. Perlindungan terhadap hak asasi hewan bisa berarti menjaga kelangsungan hidup hewan dan mencegah kepunahan sejumlah spesies hewan. Beberapa spesies hewan di Indonesia telah punah sebagai akibat dari perburuan liar maupun perusakan habitatnya, misalnya Harimau Bali yang punah sejak 1937. Perlindungan terhadap hewan akan mencegah masalah ini terjadi kembali.

Lalu bagaimana cara Anda menunjukkan dukungan Anda terhadap hak asasi hewan? Mulai saja dari hal terkecil, misalnya kalau Anda memiliki binatang peliharaan di rumah, maka Anda harus mengurusnya dengan baik, memberikan tempat berlindung, makanan yang cukup, serta menjaga kesehatannya. Mengadopsi hewan peliharaan juga lebih disarankan daripada membeli hewan peliharaan dari pet shop. Langkah pertama dimulai dari sekitar Anda, kan?

Beberapa bentuk lain dari pelanggaran terhadap hak asasi hewan adalah pembuatan kosmetik serta produk kecantikan lain yang melakukan uji coba produknya pada binatang. Memilih produk yang tidak melakukan uji coba pada binatang bisa Anda lakukan. Sedangkan untuk uji coba produk obat-obatan pada binatang, masih banyak pendapat yang bertentangan mengenai hal ini.

Bentuk dukungan lain yang bisa Anda tunjukkan adalah dengan mengawasi pemerintah dalam pelaksanaan peraturan mengenai perlindungan terhadap lingkungan, sehingga tak akan ada lagi kepunahan hewan sebagai akibat dari rusaknya habitatnya. Awasi juga pelaksanaan peraturan pemerintah mengenai larangan jual beli hewan liar.

Di masa ketika hak asasi manusia masih diperjuangkan di beberapa tempat di dunia, perlukah kita memperhatikan dan memperjuangkan hak asasi binatang? Tentu saja. Binatang juga merupakan ciptaan Tuhan yang harus dilindungi. Agama pun mengajarkan umatnya untuk menyayangi dan melindungi binatang. Langkah sekecil apapun yang Anda lakukan untuk melindungi hak para binatang juga berarti.

sumber : http://brighterlife.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar