Senin, 19 Oktober 2015

Stop Makan Buru - Buru ! Ini Dia Penjelasannya

Perut lapar yang keroncongan memang sangat pas ditenangkan dengan makanan enak. Nafsu pun membuncah tinggi untuk segera menyambar makanan tersebut tanpa sisa agar perut bisa tenang dan pikiran pun mendapatkan konsentrasinya kembali.



Tapi bukan berarti kita harus makan secara cepat dan terburu ketika kita sedang lapar jika anda tidak mau mengalami hal - hal yang tidak diinginkan.

Pelan-pelan memang lebih  aman bagi kita dibandingkan dengan buru-buru dan inipun berlaku ketika kita sedang makan. Berikut adalah beberapa manfaat makan dengan pelan dan  hati-hati :

1. Terhindar dari gusi tergigit

Makan buru-buru bisa meningkatkan peluang gusi tergigit dan rasanya sungguh nyos... Anda akan tiba-tiba berhenti menguyah makanan dan mengalihkan perhatian terhadap sensasi rasa sakit nyeri yang datang.

Tidak hanya sampai disana lho, gusi yang tergigit ini juga bisa menjadi sumber penderitaan yang lebih wuahh lagi. Gusi tergigit ini bisa menjadi awal mula terbentuknya sariawan dan sudah terbayang kan bagaimana rasanya makan jika ada sariawan sedang bermekaran di bibir?

2. Lebih sopan

Ketika makan dengan cepat, kita bisa terlihat seperti orang yang rakus dan bahkan bisa menimbulkan suara-suara ketika menguyah. Suara ini jika didengar oleh orang lain tentu tidak baik dan mereka bisa risih mendengarnya.

Selain itu dengan makan pelan-pelan kita bisa mengontrol makanan yang ada di mulut dengan baik sehingga tidak bertaburan kesana-kemari. Jadi kita bisa makan dengan lebih bersih dan tidak membuang-buang makanan.

3. Makanan terasa lebih enak

Makan pelan bisa membuat kita mendapatkan kesempatan untuk merasakan makanan itu lebih dalam lagi. Bumbu-bumbu yang ada di dalamnya bisa kita rasakan dengan lebih baik dan rasanya sungguh luar biasa. Coba deh makan dengan merasakannya lebih dalam lagi.

4. Turun Berat Badan

Ada studi yang menemukan bahwa dengan makan secara perlahan akan membuat Anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Fakta membuktikan bahwa lebih dari 10 kg berat badan bisa hilang dalam kurun waktu setahun jika Anda memperlambat kecepatan makan. Diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk mendeteksi bahwa Anda sudah kenyang. Jadi, apabila Anda makan terlalu cepat, maka Anda akan tetap makan walau sebenarnya tubuh sudah melewati titik kenyang.

5. Menyehatkan Pencernaan

Sistem pencernaan tidak hanya melibatkan lambung dan usus, namun juga rongga mulut. Jika Anda makan perlahan, ini berarti Anda akan mengunyah makanan dengan baik. Anda sedang memperingan kerja lambung dan usus dan memperlancar sistem pencernaan.


Untuk itu mulailah untuk makan dengan pelan - pelan jangan terburu - buru karena makan pelan - pelan itu lebih baik dan sopan.



0 komentar:

Posting Komentar