Senin, 07 Desember 2015

7 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil



1. Buah dengan vitamin C
Saat hamil Anda membutuhkan banyak vitamin C agar tidak mudah terserang influenza atau ruam. Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, sebuah nutrisi yang sangat diperlukan selama masa kehamilan. Dapatkan vitamin C dengan memakan buah jeruk, melon, kiwi atau belimbing.
 2. Buah dengan kandungan asam folat
Mengkonsumsi asam folat sebelum atau ketika hamil diyakini dapat mencegah terjadinya cacat otak dan kerusakan saraf tulang belakang pada bayi. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari buah alpukat, pepaya, jeruk dan nanas.
 3. Buah yang mengandung potasium
Ibu hamil biasa mengalami kram. Anda dapat mencegah hal ini dengan mengkonsumsi pisang. Mengapa pisang? Ini karena pisang mengandung potasium, nutrisi yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh Anda.
 4. Buah untuk ibu hamil dengan diabetes
Jambu adalah buah yang baik untuk ibu hamil berkat beragam manfaat yang terkandung di dalamnya. Mulai dari melancarkan peredaran darah ibu, memperkuat sistem saraf bayi dan mengatasi rasa lesu dan mual di pagi hari atau morning sickness di masa awal kehamilan. Ibu hamil yang memiliki diabetes dianjurkan makan jambu dalam porsi seimbang untuk menstabilkan kadar gula darah.
 5. Buah berserat
Apel dan pir juga termasuk buah yang baik untuk ibu hamil karena kandungan seratnya tinggi. Ibu hamil memerlukan serat dalam jumlah cukup tinggi agar terhindar dari konstipasi dan ambeien.
 6. Buah yang dapat mengurangi mual-mual
Mual-mual saat hamil tentu sangat menyiksa. Makan beberapa potong semangka dalam sehari dapat mengurangi ketidaknyamanan ini. Selain itu, semangka juga dapat meringankan morning sickness, mencegah dehidrasi dan kram otot yang biasa terjadi pada trimester ketiga.
Semangka juga kaya akan lycopene. Sebuah studi dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics menyebutkan, nutrisi ini dapat mengurangi resiko preeklampsia hingga 50%. 
 7. Buah untuk mengurangi stres
Mungkin Anda belum tahu bahwa ceri termasuk jenis buah yang baik untuk ibu hamil. Buah yang sering dijadikan hiasan kue tar dan es krim ini ternyata mengandung melatonin, hormon yang membantu pertumbuhan sel ketika perut Anda membesar saat hamil.
Para ahli mengatakan, melatonin juga dapat membantu mengurangi stres sehingga tidur Anda pun akan lebih nyenyak.
Semoga daftar buah yang baik untuk ibu hamil di atas bermanfaat untuk Anda.
sumber : theasianparent.com




0 komentar:

Posting Komentar