Rabu, 02 Desember 2015

Makanan yang Mencegah Terjadinya Menopause

Masa menopause merupakan masa yang pasti akan dialami oleh setiap wanita. Terkadang, masa ini akan menimbulkan fluktuasi tingkat sebuah hormon bernama estrogen di dalam tubuh sehingga terkadang membuat jumlah hormon berlebih dan menimbulkan berbagai efek seperti insomnia. Oleh sebab itu, kita membutuhkan asupan gizi untuk mencegah terjadinya estrogen berlebih. Dan hal itu bisa kita peroleh dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung hormon estrogen alami. Hormon estrogen sendiri merupakan salah satu jenis hormon yang sangat penting bagi wanita. Sebab, hormon ini akan mempengaruhi perkembangan karakteristik seksual dari seorang wanita. Lantas? Makanan apa saja kah yang dapat membantu mengendalikan laju peningkatan hormon estrogen dalam tubuh? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Kedelai

Salah satu makanan yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol hormon estrogen dalam tubuh adalah kedelai. Untuk mendapatkan manfaatnya, maka Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara, seperti menjadikannya kedelai rebus, mengolahnya menjadi tahu, tempe, hingga susu kedelai. Namun ada baiknya jika Anda mencoba produk yogurt kedelai karena produk tersebut akan memberikan manfaat yang positif bagi tubuh.

2. Biji Rami

Bukan hanya kedelai, Anda pun juga dapat mengonsumsi biji rami untuk mengontrol laju peningkatan estrogen dalam tubuh. Sebab, biji rami mengandungan jenis fitoestrogen yang bernama lignin. Biji rami mengandung lignin yang jumlahnya mencapai 85,5 miligram dalam satu ons biji rami. Biasanya, biji ini akan dikonsumdi dengan dicampurkan ke dalam roti lantaran memiliki serat yang tinggi. Bukan hanya itu, Anda pun juga dapat mengolahnya menjadi bubur atau sup.

3. Biji Wijen

Biji-bijian lainnya yang juga dapat Anda manfaatkan untuk mengontrol laju peningkatan estrogen adalah biji wijen. Sama halnya dengan biji rami, biji wijen pun juga mengandung jenis fitoestrogen yang biasa disebut lignan. Biji wijen mengandung lignan sebanyak 11,2 miligram dalam satu ons nya. Bukan hanya rami dan wijen, Anda pun juga dapat menggunakan biji bunga matahari untuk memenuhi asupan gizi Anda.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan jenis rempah yang dapat memberikan hal serupa bagi tubuh Anda. Bawang putih memiliki kandungan fitoestrogen sebanyak 603,3 miligram dalam setiap 100 gramnya. Bawang putih dapat dikonsumsi dengan langsung mengunyahnya atau memasaknya dalam waktu yang sebentar. Untuk meghindari aroma bawang yang kurang sedap, maka Anda dapat mengonsumsi banyak air setelah memakannya.

5. Buah Aprikot, Kurma Dan Prune

Satu lagi jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengontrol estrogen dalam tubuh, yakni aprikot, kurma dan prune. Ketiga buah-buahan kering ini ternyata mengandung estrogen yang sangat banyak. Apabila Anda agak sulit mendapatkan aprikot dan prune, maka Anda dapat menggantinya dengan kurma. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar