Jumat, 20 November 2015

Ternyata Banyak Manfaat Pelihara Hewan Lho !!

Banyak orang yang beranggapan memelihara hewan peliharaan sungguh merepotkan dan menyita banyak waktu. Memang benar pernyataan tersebut, tetapi bagi sebagian orang (khususnya pecinta binatang), hal tersebut sungguh menyenangkan untuk dilakukan. Tuhan tidak hanya menciptakan kita (manusia) di dunia ini tetapi juga hewan dan tumbuhan juga, oleh karena itu kita juga harus menghargai dan menjaga makhluk hidup lainnya. Banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat dari memiliki hewan peliharaan. Para ahli telah mengakui bahwa memelihara hewan peliharaan memberikan dampak positif bagi kehidupan baik dari segi psikologis dan kesehatan. 




Mempunyai hewan peliharaan di rumah bisa jadi nilai tambah bagi anggota keluarga. Bermain dengan anjing mengurus burung di kandangnya, atau sekadar mengelus-elus kucing, memberikan kebahagiaan bagi para pemiliknya. Tidak hanya itu lho, memiliki hewan peliharaan dipercaya dapat menurunkan tingkat stres dan mengajarkan kasih sayang pada anak. Yuk simak beberapa keuntungan yang didapatkan dari mengadopsi hewan peliharaan.

1. Mengajarkan Tanggung Jawab

Si kecil dapat mulai belajar arti tanggung jawab dan kasih sayang dengan adanya hewan peliharaan di rumah. Melihat bagaimana kamu merawatnya, anak biasanya mulai meniru sikap dan perilakumu, misalnya bagaimana memperlakukan hewan dengan baik dan lembut. Libatkan ia untuk merawat hewan seperti memberinya makan atau memandikannya.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan mempunyai kepercayaan diri yang lebih tinggi. Si kecil merasa punya teman untuk bicara dan bermain ketika tidak ada orang di sekitarnya. Rasa nyaman yang diberikan hewan kesayangan bisa menurunkan tingkat stres dan memupuk kepercayaan diri sejak kecil.

3. Meningkatkan Imunitas Si Kecil

Menurut penelitian yang dilakukan Dennis Ownby, MD, anak-anak yang terbiasa hidup dengan 2 atau lebih anjing maupun kucing, mempunyai risiko alergi lebih rendah dibanding yang tidak punya hewan peliharaan. Kontak yang sering terjadi antara hewan peliharaan dan si kecil, membuat sistem imunitas tubuhnya naik, sehingga terhindar dari penyakit. Selain itu, bermain-main dan mengelus hewan peliharaan menurunkan tingkat stres yang membawa pengaruh baik buat kesehatan sekeluarga.

4. Mengurangi Stres dan Rasa Jenuh

Memiliki aktivitas yang cukup padat dapat meningkatkan risiko stres dan kejenuhan. Banyak cara untuk mengurangi stres, salah satu contohnya adalah memiliki hewan peliharaan. Dengan melihat tingkah lucu dari hewan tersebut membuat kita senang dan sejenak bisa melupakan masalah kita. Memiliki hewan peliharaan juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya dan juga memotivasi kita agar bisa mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.


5. Membuat Orang Lebih Rajin

Dengan memiliki rasa tanggung jawab atas hewan peliharaan, kita sekarang dituntut untuk rajin merawat hewan tersebut. Mulai dari memberi makan, memandikan hewan peliharaan, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya. Dengan begitu kita akan terbiasa untuk beraktivitas dan tidak bermalas-malasan saja. Hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik jika dilakukan secara terus menerus.

6. Menjadikan Anda Pribadi yang Lebih Baik

Banyak hal yang didapatkan saat kita memelihara hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan, kita dapat belajar untuk berempati lebih baik lagi dan cenderung tidak kasar. Secara tidak sadar kita juga punya sifat penyayang dan tidak mudah marah.

7. Mempererat Hubugan Kita Dengan Keluarga

Salah satu cara mempererat hubungan kita dengan keluarga kita adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Usahakan binatang peliharaan tersebut adalah binatang yang disukai oleh semua anggota keluarga kita. Melakukan aktivitas secara bersama seperti memberi makan, memandikan hewan peliharaan, dan mengajaknya jalan-jalan bersama keluarga, dapat membuat hubungan kita dengan keluarga semakin dekat.

8. Membuat Anda Betah di Rumah

Adanya hewan peliharaan di rumah memang cukup membuat suasana rumah menjadi lebih baik. Selama kita memelihara hewan di rumah, kita akan selalu rindu pulang untuk bertemu dengan mereka. Melihat aksi lucu dari hewan tersebut membuat kita enggan untuk pergi ke mana-mana. Dengan adanya hal ini kita dapat mengurangi bepergian ke tempat-tempat yang kurang menguntungkan untuk kita. Lebih baik langsung pulang ke rumah dan bermain dengan mereka.

9. Memberi Pengaruh yang Positif Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari merawat hewan peliharaan cukup banyak diteliti dan diakui. Tidak hanya memberi keuntungan dalam segi psikologis tetapi juga memberi hal positif dari segi kesehatan. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa memelihara hewan peliharaan menjadikan tekanan darah dan denyut nadi normal. Rutin mengajak hewan peliharaan untuk jalan-jalan mampu membakar kalori kita sehingga dapat digunakan untuk terapi menurunkan berat badan.

10. Dapat Menambah Pendapatan Kita (dari segi bisnis)

Siapa yang tidak mau menghasilkan uang dari hobi kita. Bukan hanya uang yang kita dapatkan tetapi kesenangan dan rasa puas juga. Memelihara hewan peliharaan juga dapat kita gunakan untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang dapat kita lakukan seperti ikut dalam kontes hewan, penyewaan hewan untuk fotografi, dan juga beternak hewan peliharaan. Beternak hewan peliharaan merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan uang yang cukup banyak, tidak sedikit pengusaha hewan peliharaan yang sukses karena bermula dari hobinya tersebut. Jadi cara ini patut untuk dicoba.

Ternyata banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan ketika memelihara hewan. Tapi sebelumnya, yakinkan dirimu untuk mempunyai banyak waktu dan tenaga ya. Jangan sampai hewan peliharaan tidak terurus karena keluarga terlalu sibuk bekerja atau mengurus rumah tangga.


0 komentar:

Posting Komentar